Cara Mendaftar Prakerja Lewat HP: Panduan Lengkap dan Cepat

Contents

Gelombang Kartu Prakerja sudah dibuka, pendaftaran akunnya pun sudah bisa diakses para pengincarnya. Namun masih banyak yang kesulitan saat mendaftar atau membuat akun prakerja dan lolos saat tes. Ikuti langkah ini untuk lebih memudahkan membuat akun dan memastikan kamu lolos.

Cara Mendaftar Prakerja Lewat HP

1. Buka Link Pendaftaran

Mulailah dengan membuka link pendaftaran resmi Kartu Prakerja di browser HP kamu. Kamu dapat mengaksesnya melalui https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.

Form pendaftaran akun prakerja

2.  Buat Akun Prakerja

Isi formulir pendaftaran dengan alamat email dan password. Pastikan password kamu terdiri dari minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, dan angka. Masukkan email dan password yang mudah diingat.

Isian form pendaftaran akun prakerja

3.  Verifikasi Email

Setelah membuat akun, periksa kotak masuk atau folder spam di email yang kamu daftarkan. Buka email verifikasi dari Kartu Prakerja dan klik tautan “VERIFIKASI DI SINI” untuk melakukan verifikasi email secara otomatis.

4. Verifikasi dengan Kode OTP

Setelah verifikasi email, kamu akan menerima Kode OTP melalui email. Masukkan kode tersebut dan klik “Verifikasi”.

Cek email verifikasi akun prakerja

5. Verifikasi KTP & KK

Lengkapi data diri kamu dengan nomor NIK, nomor KK, dan tanggal lahir. Pastikan data yang kamu masukkan sesuai dengan KTP dan belum pernah digunakan untuk Kartu Prakerja sebelumnya. Setelah itu, klik “Lanjut”.

Form verifikasi KTP & KK Prakerja

6. Isi Data Diri

Isi data dirimu dengan teliti, terutama pengejaan nama pribadi, nama ibu, dan alamat, harus sesuai dengan yang tertulis di KK.

Form isi data diri prakerja

7. Unggah Foto KTP

Unggah foto e-KTP menggunakan kamera HP kamu. Pastikan dokumen terbaca dengan jelas.

Verifikasi KTP prakerja

8. Scan Wajah

Lakukan scan wajah. Pastikan tampilannya bersih, rapih dan koneksinya stabil

Form Scan Wajah Prakerja

9. Jawab Pertanyaan 

Jawab pertanyaan tentang alasan mengikuti Kartu Prakerja. Isi pertanyaan mengenai bidang pelatihan yang diminati. Kamu bisa jawab bidang digital, teknologi, atau sejenisnya.

Baca juga : Rekomendasi Pelatihan Prakerja yang Mudah dan Cepat Selesai 2023 

Form pertanyaan alasan mengikuti prakerja

9. Verifikasi Nomor HP

Lakukan verifikasi nomor handphone yang masih aktif.

Verifikasi Nomor HP prakerja

10. Isi  pernyataan

Isi pernyataan pendaftar sesuai kondisi kamu.

Form Pernyataan Pendaftar Prakerja

11. Ikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Ikuti Tes Kemampuan Dasar hingga lolos.

Tes Kemampuan Dasar (TKD) prakerja

Tips lolos Tes Kemampuan Dasar  Prakerja (TKD)

Tes Kemampuan Dasar (TKD), atau dikenal juga sebagai Soal Kemampuan Belajar (SKB), merupakan tahap terakhir dalam proses pendaftaran Kartu Prakerja yang sering menjadi hambatan bagi banyak calon peserta untuk lolos mendapatkan Kartu Prakerja. Namun, dengan pemahaman yang tepat mengenai struktur dan persiapan yang baik, kamu dapat meningkatkan peluang untuk lolos dalam tes ini. Berikut adalah detail mengenai TKD:

1. Durasi dan Struktur

  • TKD memiliki durasi sekitar 40 (empat puluh) menit.
  • Terdiri dari 2 (dua) bagian utama:
    • Tes Penalaran Verbal: Mengukur kemampuan seseorang dalam memahami dan menafsirkan teks tertulis.
    • Tes Penalaran Kuantitatif: Mengukur kemampuan seseorang dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah matematis.

2. Jenis Soal

  • Soal-soal TKD seringkali mirip dengan soal-soal yang ditemui dalam tes CPNS, SNMPTN, dan tes seleksi masuk institusi pendidikan tinggi lainnya.
  • Soal-soal dirancang untuk menguji kemampuan kognitif dan analitis peserta, serta kemampuan pemahaman bahasa dan matematika.

3. Persiapan

  • Siapkan kertas dan pulpen untuk mencatat atau mengerjakan soal. Hal ini memungkinkan kamu untuk menyelesaikan soal dengan lebih mudah dan terorganisir.
  • Pastikan koneksi internet kamu stabil dan gunakan browser terbaru seperti Google Chrome, Firefox, atau browser lainnya yang kompatibel. Koneksi internet yang stabil akan membantu mencegah gangguan teknis selama pengerjaan tes.

4. Pentingnya Persiapan

  • Persiapan yang matang akan membantu kamu merasa lebih percaya diri dan siap menghadapi setiap jenis soal yang mungkin muncul dalam TKD.
  • Berlatih mengerjakan soal-soal tes penalaran verbal dan tes penalaran kuantitatif secara berkala dapat meningkatkan kemampuan kamu dalam mengerjakan soal-soal serupa.

Setelah lolos mengerjakan Tes Kemampuan Dasar, teman-teman bisa segera mendaftarkan ke gelombang yang sedang dibuka saat itu. Tersedia ratusan bahkan ribuan pelatihan yang memungkinkan kamu meningkatkan skill dan pendapatan dalam waktu singkat.

Startup Campus adalah salah satu lembaga pelatihan terbaik yang bisa kamu pertimbangkan untuk melanjutkan pelatihan prakerjamu. Startup Campus menawarkan kelas-kelas yang dirancang oleh instruktur terpercaya dengan kurikulum yang mudah dipahami, bahkan untuk pemula sekalipun. Setelah menyelesaikan pelatihan di Startup Campus, kamu akan memiliki keterampilan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuanmu (upskill), beralih karier (switching career), atau bahkan bekerja sebagai pekerja lepas (freelancer).

Semoga setelah ini kamu bisa segera memiliki akun Kartu Prakerja dan segera lolos gelombang berikutnya. Kamu juga bisa bergabung ke Whatsapp Group untuk para Pejuang Prakerja dengan klik link Grup Prakerja Startup Campus

Picture of Startup Campus

Bagikan Artikel

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x