Diskon Bootcamp di Startup Campus

Cara Daftar Prakerja 2023 Online Mudah dan Cepat!

Contents

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, program Kartu Prakerja berhasil menarik banyak peminat dari berbagai kalangan. Menurut data dari tim Prakerja, sepanjang tahun 2020-2022 saja, ada 16,4 juta orang yang menjadi penerima Kartu Prakerja. Benar-benar angka yang besar, bukan? Tidak aneh jika di tahun ketiganya, program ini juga kembali digandrungi. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu cara daftar prakerja di tahun 2023 maupun apa itu kartu prakerja. Di artikel ini, kami harap bisa merangkum segala yang harus kamu ketahui soal Kartu Prakerja!

Apa itu Kartu Prakerja?

Sebelum membahas cara daftar prakerja, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan program yang satu ini. Walaupun sudah memiliki banyak peminat, bisa saja ada yang belum tahu apa itu program Kartu Pekerja.

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Program ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja di Indonesia, membangun lingkungan kerja dengan daya saing yang lebih tinggi, serta mengembangkan wirausaha.

Seperti yang sudah disinggung di atas, program ini pertama diluncurkan pada April 2020. Saat itu, pandemi dari Covid-19 baru melanda Indonesia. Kartu Prakerja hadir sebagai bentuk upaya mengurangi dampak ekonomi di masyarakat. Dikutip dari Kompas, menurut Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, sebenarnya rancangan program Kartu Prakerja ini sudah ada sejak lama. Bahkan, awalnya seluruh pelatihan jjuga dirancang untuk dilakukan secara tatap muka atau offline. Hanya saja, pandemi mengharuskan kegiatan untuk dilaksanakan secara online atau dalam jaringan.

Cara daftar prakerja memang sudah menjadi pengetahuan umum bagi beberapa orang. Dilansir dari Tempo, di tahun pertama pembukaannya, program Kartu Prakerja berhasil mendapatkan jumlah pendaftar sebanyak 53,3 juta orang yang tersebar di 34 provinsi dan 514 kabupaten dan kota yang ada di tanah air, menurut Rudy Salahuddin yang menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian di tahun tersebut. Dari banyaknya angka tersebut, tentu saja tidak semuanya mendapatkan Kartu Prakerja maupun insentifnya. Kemungkinan, orang-orang belum aware dengan syarat pendaftarannya.

Berikut adalah syarat pendaftaran kartu prakerja yang paling baru. Baca dengan teliti ya!

Syarat & Cara Mendaftar Prakerja 2023

Dengan peminat sebanyak puluhan juta orang, pastinya pendaftar program Kartu Prakerja harus diseleksi terlebih dahulu. Di proses seleksi ini, tidak jarang ada calon peserta yang gagal karena administrasi. Bisa jadi karena dokumen yang kurang lengkap, ketidaktelitian pendaftar, atau tidak memenuhi persyaratan.

Supaya kamu dilancarkan saat daftar prakerja, penting untuk mengetahui syarat-syaratnya terlebih dulu!

Syarat Mendaftar Prakerja

Melalui websitenya, tertulis bahwa syarat mendaftar Kartu Prakerja 2023 adalah:

  1. WNI yang dibuktikan melalui identitas diri berupa e-KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. Usia 18-64 tahun
  3. Tidak dalam belajar pada pendidikan formal, yaitu sekolah dan kuliah
  4. Dalam proses melamar kerja, karyawan terdampak PHK, ingin meningkatkan keahlian, buruh dirumahkan, buruh bukan penerima upah, termasuk pula UMKM
  5. Bukan dari kelompok pejabat negara, ASN (Aparatur Sipil Negara), Kepolisian, TNI, kepala desa dan termasuk perangkat, serta direktur/komisaris atau dewan pengawas BUMN/BUMD
  6. Dibatasi untuk dua anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang sama

Pastikan semua syarat di atas sudah kamu penuhi agar bisa menerima Kartu Prakerja untuk gelombang tahun 2023. Program ini memiliki anggaran yang besar, sehingga penyelenggara pasti ingin bantuan ini dapat disalurkan ke orang tepat yang benar-benar membutuhkan Kartu Prakerja. 

Jika dirasa sudah memenuhi semua persyaratan dan melengkapi administrasi, berikut adalah cara daftar prakerja untuk tahun 2023!

Cara Mendaftar Prakerja 2023

  1. Kunjungi laman https://dashboard.prakerja.go.id/daftar
  2. Masukkan data diri yang terdiri dari alamat email, NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor KK, foto KTP, dan nomor HP aktif
  3. Buka email dan lakukan verifikasi
  4. Buka lagi dashboard prakerja, kemudian masuk (login) menggunakan email yang telah diverifikasi
  5. Ikuti tes kemampuan dasar
  6. Tunggu pembukaan gelombang, lalu klik “Gabung Gelombang”
  7. Penyelenggara akan melaksanakan proses evaluasi dan pengumuman kelulusan

Itulah cara daftar prakerja 2023 yang wajib kamu tahu. Jika sudah mendaftar Kartu Prakerja, kamu juga pastinya sudah harus riset tentang penyelenggara-penyelenggara yang menyediakan kelas menggunakan Kartu Prakerja. Akan ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan minat kamu. Jika kamu berminat untuk mendalami ilmu soal IT, Startup Campus bisa jadi pilihan tepat untuk memulai kelas Prakerjamu!

Baca juga : Pemerataan Pendidikan di Indonesia Jadi Hak Anak Timur Juga!

Kelas Kartu Prakerja Startup Campus

daftar prakerja bootcamp online IT

Startup Campus adalah sebuah lembaga pelatihan yang memiliki fokus pembelajaran di bidang Teknologi dan Informasi (IT). Berangkat sebagai mitra Kampus Merdeka di awal kehadirannya, Startup Campus kini mulai memperlebar sayapnya ke bootcamp umum, beasiswa google, hingga tentunya Kartu Prakerja. 

Dari segi pembelajaran, Startup Campus selalu mengedepankan kualitas terbaik dari segala sisi. Mulai dari menghadirkan praktisi dan expert sebagai pengajar, kurikulum daging yang penuh materi dan studi kasus, serta suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Kualitas ini selalu dijaga di setiap produk atau program yang diluncurkan Startup Campus, tidak terkecuali untuk Kelas Kartu Prakerja.

Startup Campus ikut membuka pendaftaran prakerja di tahun 2023 ini. Ada beberapa pilihan trek yang akan dibuka secara bertahap, yaitu trek Artificial Intelligence, Data Analyst, serta UX Design. Apa saja yang akan dipelajari? Berikut adalah gambarannya!

1. Artificial Intelligence

Daftar prakerja 2023 di Startup Campus kelas Artificial Intelligence supaya kamu bisa mahir di bidang AI melalui berbagai pendekatan dan model AI dengan spesifikasi Computer Vision!

Di trek Artificial Intelligence, semua peserta Prakerja akan mendapatkan materi soal bagaimana cara menyelesaikan masalah menggunakan Machine Learning dan Deep Learning untuk menganalisa big data. Materi ini akan sangat berguna karena sangat implementatif juga di profesi yang berkaitan nantinya.

Ada juga materi soal Computer Vision dimana peserta akan diajak untuk menyelesaikan masalah menggunakan pendekatan Image Processing, 3D computer vision dan Neural Network Computer Vision serta materi Git Collaboration yang mengenalkan peserta pada Git dan belajar membuat portofolio serta kolaborasi menggunakan Git.

Sebagai evaluasi dan project akhir, peserta nantinya juga akan membuat produk Artificial Intelligence dengan fokus computer vision serta belajar cara membangun portofolio yang baik untuk menunjang karier di bidang Artificial Intelligence.

2. Data Analyst

Jika masih ragu untuk daftar prakerja 2023, trek Data Analyst ini bisa jadi salah satu kandidat kuat. Karena, selain bidang pekerjaannya luas, posisi Data Analyst juga sedang high demand. Di Kelas Kartu Prakerja Data Analyst Startup Campus, kamu bisa menjadi talenta siap kerja di bidang tersebut dengan mempelajari ilmunya dari dasar hingga memecahkan studi kasus!

Dimulai dari materi Foundation of Data Analyst, peserta juga akan diajarkan tentang Data Preprocessing, Machine Learning, dan Model Performance Analyst. Di akhir kelas, akan ada final project dimana peserta bisa mengimplementasikan materi yang telah dipelajari dalam sebuah showcase.

3. UX Design

Bagi calon pendaftar prakerja 2023 yang memiliki ketertarikan di bidang UI/UX Design, trek ini hadir untukmu! Melalui trek UX Design di Startup Campus, kamu akan belajar cara membuat aplikasi yang interaktif dan ramah bagi pengguna mulai dari dasar sampai mahir.

Benefit Mendaftar Prakerja 2023 di Startup Campus

Dari banyaknya lembaga pelatihan yang menjadi penyelenggara Kelas Kartu Prakerja, kenapa kamu harus memilih Startup Campus? Berikut adalah 6 alasan utamanya!

1. Materi dari Praktisi & Ahli

Tidak asal ajar, kurikulum dan materi semua trek di kelas Kartu Prakerja Startup Campus dirancang oleh ahli dan praktisi di bidangnya masing-masing. Mengambil pengalaman dari program sebelumnya seperti Studi Indpenden Kampus Merdeka, peserta memang mencari penyelenggara yang bisa memberikan materi daging yang tetap mudah untuk  dipelajari. Dengan memfasilitasi peserta untuk dapat belajar langsung bersama pengajar ini, diharapkan nantinya setelah lulus mereka dapat bersaing di lapangan kerja karena sudah mendapatkan bekal yang cukup.

2. Platform Terpercaya

Startup Campus sebagai lembaga pelatihan berhasil mendapatkan skor 78 untuk Net Promoter Score 78, yang mana lebih tinggi dari standar global. Skor ini menunjukkan kepuasan pengguna layanan Startup Campus dari berbagai aspek.

3. Mitra Bergengsi

Untuk menunjang karier peserta setelah lulus pelatihan, kami bisa mengirimkan rekomendasi untuk para peserta terbaik kepada 21+ perusahaan yang menjadi mitra kami.

4. Sertifikat Kompetensi Resmi

Sebagai bukti kelulusan peserta, kami akan memberikan Sertifikat Kompetensi Resmi bagi seluruh peserta yang dinilai berdasarkan kompetensi masing-masing. Sertifikat ini bermanfaat sebagai pendukung lulusan Startup Campus mencari kerja nantinya.

5. Komunitas Belajar

Tidak berakhir setelah lulus, komunitas belajar Startup Campus akan terus hadir sebagai wadah untuk berbagi ilmu, informasi, serta lowongan pekerjaan bagi seluruh peserta prakerja Startup Campus.

6. Insentif Pemerintah

Selain mendapat saldo Rp 3.500.000,- untuk pelatihan bootcamp menggunakan Kartu Prakerja, kamu juga bisa mendapatkan insentif sebesar Rp 600.000,- setelah menyelesaikan kelas dengan syarat & ketentuan yang berlaku!

Selain keenam benefit di atas, tentunya masih banyak yang akan Startup Campus tawarkan untuk semua peserta dan pendaftar prakerja 2023. Seluruh benefit ini tentunya untuk membantu peserta agar dapat belajar dengan nyaman dengan layanan yang berkualitas!

Saat ini, Startup Campus sedang membuka pendataan bagi peminat yang ingin belajar dengan Kartu Prakerja di Startup Campus di trek Artificial Intelligence, Data Analyst, serta UX Design. Daftarkan nama kamu dari sekarang untuk dapat kesempatan lebih cepat mendapatkan Kelas Kartu Prakerja di Startup Campus.

Klik di sini untuk mendaftar.

Sampai jumpa di Kelas Kartu Prakerja Startup Campus batch 1!

Picture of Startup Campus

Bagikan Artikel

Subscribe
Notify of
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
M~a binance

Can you be more specific about the content of your article? After reading it, I still have some doubts. Hope you can help me.

binance nos registro

Your article helped me a lot, is there any more related content? Thanks!

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x