Apa Itu Machine Learning? Penjelasan dan Contoh Penerapannya

Contents

machine learning

Machine learning atau dalam bahasa Indonesia “pembelajaran mesin” adalah salah satu cabang dari Artificial Intelligence yang memungkinkan komputer untuk belajar dari data tanpa diprogram secara eksplisit. Lho komputer kok belajar? Maksudnya gimana?

Machine learning adalah sebuah sistem di perangkat komputer yang bisa belajar untuk meningkatkan performa, menganalisis data hingga mengidentifikasi pola di dalamnya. 

Baca juga : 5 Etika Dalam Penggunaan Artificial Intelligence 

Karakteristik utama machine learning

1. Data sebagai sumber

Machine learning memang gak diprogram secara eksplisit untuk menyelesaikan tugas tertentu, melainkan belajar dari data dulu nih sumber utama pembelajarannya.

2. Performance improvement

Semakin banyak data yang diproses, semakin meningkat juga performance dari machine learning dalam menyelesaikan tugas. Keren ya?!

3. Identifikasi pola

Machine learning mampu mengidentifikasi pola dan hubungan yang kompleks dalam data yang tidak mudah dilihat oleh manusia. Saking banyak dan kompleksnya data, pola-pola itu bisa diterjemahkan menjadi insight yang berguna untuk pekerjaan.

4. Prediksi

Nah setelah mendapat insight, machine learning bisa digunakan untuk memprediksi sesuatu di masa depan. Misal, prediksi hujan badai di waktu tertentu.

5. Klasifikasi/clustering

Machine learning dapat digunakan untuk mengklasifikasikan data ke dalam kategori atau cluster tertentu sesuai kebutuhan manusia

Baca juga : 10 Web AI Gratis Yang Bisa Membantu Pekerjaan Sehari-hari!

Contoh penerapan machine learning yang bisa ditemui sehari-hari 

1. Rekomendasi produk

    Pernah kan scrolling di e-commerce suatu barang, eh muncul barang serupa dengan merk berbeda?

    2. Deteksi penipuan

      Machine learning digunakan oleh lembaga keuangan untuk mendeteksi aktivitas penipuan kartu kredit, spam, phising, dan sejenisnya.

      3. Face recognition

        Pernah login ke mbanking dengan video call atau menampilkan wajah tampak depan, kanan dan kiri? Nah ini salah satu penerapan machine learning.

        4. Mobil self-driving

          Para penggemar Elon Musk dan Tesla, udah tau kan kenapa produknya digemari? Karena secanggih itu mobil self driving bisa menavigasi jalan menembus banyak rintangan. 

          5. Chatbot

            Machine learning digunakan oleh chatbots untuk memahami bahasa alami dan berinteraksi dengan manusia, biasanya kita pakai ChatGPT atau Gemini.

            Semakin hari semakin banyak variasi produk yang menggunakan sistem machine learning, semakin canggih pula produk tersebut. Namu penting untuk diketahui bahwa penggunaan teknologi harus diikuti dengan tanggung jawab dan kepatuhan pada kode etik. Banyak sekali potensi kerugian dihadapi manusia jika tidak dengan sadar menggunakannya. Jangan sampai sebagai pengembang teknologi, kita hanya ikut-ikutan trend mengembangkan AI di industri.

            Oleh karena itu, machine learning perlu diterapkan dengan mempelajari seluk beluk Artificial Intelligence secara terstruktur dan komprehensif.

            Bagi yang ingin belajar machine learning dan artificial intelligence bisa mengikuti Bootcamp Artificial Intelligence  di Startup Campus. Khusus buat kamu yang membaca artikel ini kami akan memberikan harga spesial. Yuk daftar public bootcamp sekarang!

            Picture of Startup Campus

            Bagikan Artikel

            Subscribe
            Notify of
            0 Comments
            Oldest
            Newest Most Voted
            Inline Feedbacks
            View all comments
            0
            Would love your thoughts, please comment.x
            ()
            x