Promo bootcamp buy 1 get 2

Perbedaan Studi Independen vs Magang: Kenapa Studi Independen 10x Lebih Baik?

Contents

Magang dan Studi Independen (MSIB) dari Kampus Merdeka akan segera hadir kembali menyapa para mahasiswa. Terkadang masih banyak yang bingung bagaimana menentukan program yang ingin dipilih. Apakah ikut studi independen dulu, atau langsung magang?

Perbedaan Studi Independen dengan Magang

Mari kita lihat plus-minus dari masing-masing programnya.

Studi Independen

  • Belajar dengan expert berstandar global
  • Mengerjakan real project dengan mentor
  • Langsung dapet portofolio & network keren
  • Bisa cepat adaptasi di industri
  • Gak dapet uang saku/upah

Magang

  • Dapet uang saku/upah
  • Portofolio belum mateng karena belum ada real project
  • Biasanya hanya shadowing karyawan full time
  • Belum bisa cepat adaptasi karena gak belajar dari expert
  • Belum tentu lanjut jadi full time
  • Citra negatif “anak magang” masih melekat

Terus gimana caranya dong kalo misalnya mau tetep magang tapi bisa menikmati banyak keuntungan?

Caranya ya ikut studi independen dulu sebelum magang. Kamu harus cari studi independen yang bisa membuat kamu 10x lebih baik dari magang.

Seperti yang kita ketahui, dunia kampus gak banyak mengajarkan mahasiswa tentang bidang digital apalagi sustainability. Kecuali kamu pilih prodi teknologi yaa 😛

Nah, studi independen memastikan kamu memiliki skill yang mumpuni di bidang digital dan sustainability untuk terjun langsung ke industri. Kamu bisa bangun portfolio dari real project, bukan cuma pamer keren semata. Kamu juga bisa cepat adaptasi dengan kantor tujuanmu, jadi.. kamu gak lagi dicap sebagai “anak magang” biasa. Kebayang yaa, bedanya orang yang kerja magang setelah studi independen VS belum pernah ikut studi independen.

Mungkin kamu bertanya lagi, kenapa untuk masuk ke industri kerja harus banget punya skill digital dan sustainability melalui studi independen? Karena kita hidup berdampingan dengan teknologi dan alam. Kita gak mungkin lepas dari salah satunya, apalagi menjatuhkan salah satunya. Tugas kita adalah berkarya dan menjaga keberlangsungan keduanya.

Dimana studi independen yang bisa menghasilkan output 10x lebih baik dari magang dan fokus di digital dan sustainability?

Studi independen Startup Campus jawabannya! Pertama dan satu-satunya yang memberikan pelatihan di bidang digital dan sustainability.

Startup Campus memastikan no one left behind, semua beneran belajar dari nol untuk ngejar skill di bidang: data science, artificial intelligence hingga UI/UX. Melalui kurikulum yang komprehensif, dibantu dengan expert speaker, mentor, hingga facilitator, untuk menyelesaikan real project yang nantinya jadi portfolio kamu.

Kapan lagi bisa belajar langsung dari mas Ainun Najib dan Prof. Rhenald Kasali, dua sosok panutan dari bidang digital dan sustainability. Gratis pula!

Saat ini sudah ada 6000 lebih alumni yang telah mengikuti program Startup Campus, kemudian mengaplikasikannya dalam karier dan usaha rintisannya. Kini saatnya kamu bergabung dan memulai perjalanan karier terbaikmu! Yuk daftar studi independen di Startup Campus sekarang juga !

Picture of Startup Campus

Bagikan Artikel

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x