Promo bootcamp buy 1 get 2

Gimana Cara Membuat Portofolio untuk Fresh Graduate?

Contents

tulisan portofolio

Teman-teman, pernahkah dapet lowongan kerja dengan requirement mengirimkan portofolio? Padahal kan kamu baru lulus kuliah atau baru satu tahun kerja. Pasti kamu merasa bingung, galau dan kesulitan. Mau diisi apa portofolio ini? Apa gunanya portofolio sih?

Nah kita bahas satu-satu yuk. Apa gunanya portofolio selain untuk melamar pekerjaan?

Baca juga : Cara Membuat Portofolio di HP, Gratis!

Kegunaan portofolio selain untuk melamar pekerjaan  

1. Mengarsipkan karya/milestone

Kalo arsip personal ada di instagram, foto liburan, nongkrong sama temen, dan lain-lain. Nah portofolio itu membantu kita mengarsipkan karya saat kuliah atau bekerja. Jadi gak ada potensi lupa atau kelewatan karya terbaik kita.

2. Melihat perkembangan diri sendiri

Kita mungkin punya banyak prestasi selama kuliah atau bekerja, tapi kita gak sadar udah sejauh mana kita bertumbuh. Udah sejago apa, udah seahli apa, atau justru makin mundur skill-nya?

3. Mencapai tujuan baru

Pencapaian kamu tentu gak berhenti di satu titik, kamu perlu mencapai tujuan-tujuan baru di masa depan. Salah satunya mendapat pekerjaan baru, switch career, atau kesempatan dapat beasiswa.

Kalo udah kerja atau udah banyak kegiatan mungkin bisa mudah menyusun portofolio. Lalu bagaimana caranya menyusun portofolio kalo baru lulus kuliah?

Baca juga : Panduan Lengkap Sukses Wawancara Kerja 

Cara membuat portofolio untuk fresh graduate 

1. Cantumkan pengalaman organisasi

Kamu bisa tulis dan ceritakan Misal pernah menjadi pengurus BEM atau komunitas, tulis apa saja yang dikerjakan, posisinya, contoh hasil projectnya. Bisa berupa foto-foto, link drive, dll.

2. Cantumkan karya koleksi pribadi

Kalo ternyata kamu gak aktif di kampus, kamu bisa cantumkan karya yang mungkin dimiliki tapi gak pernah dipublish. Misal punya cerpen, lirik lagu, artikel, lukisan, dan lainnya. 

3. Cantumkan visual yang menarik

Kalo tulisan aja mungkin bakal bosenin, apalagi gak semua bidang bisa ada visualisasi seperti desain, gambar, dll. Nah kamu bisa beri visual di setiap tahapnya. Misal foto saat lomba karya ilmiah, foto saat bikin project di organisasi, foto saat memenangkan lomba OSN.

Kalo udah nyoba tips di atas tapi masih bingung gimana bikin portofolio, hmm mungkin tandanya kamu harus cari program pelatihan yang memberi kamu portofolio langsung!

Baca juga : Bootcamp adalah Solusi Tepat untuk Belajar IT yang Menyenangkan!

Yuk Ikut Pelatihan di Startup Campus! Startup Campus menyediakan pelatihan dengan skill high demand yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan saat ini yaitu Data Science, UI/UX Design, dan Artificial Intelligence. Kamu tidak hanya diajari dari dasar tapi juga akan diberikan tugas yang nantinya bisa menjadi portofolio kamu untuk melamar pekerjaan. Daftar sekarang!

Picture of Startup Campus

Bagikan Artikel

Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x